Thursday, May 26, 2016

Virus baru Android Muncul di China


Jakarta - Masih ingat dengan Geinimi ? Ya, berkat kemampuan yang bisa mendalikan ponsel korbannya malware tersebut cukup menghebohkan para pengguna ponsel Android, khususnya di China.

Belum usai teror Geinimi menyerang, sebuah virus baru kini telah ditemukan oleh NetQin Mobile sebagai salah satu penyedia jasa kmanan internet terbesar di China. Perusahaan tersebut mengklaim telah menemukan virus yang mereka sebut 'MSO.PJApps'.

Hampir sama dengan cara kerja Geinimi, 'MSO.PJApps' pun memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan servernya dan bisa secara otomatis mengunduh, lalu mengistall aplikasi tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

Selain itu virus ini juga dirancang untuk secara otomatis mengirimkan sms yang berisikan data pribadi seperti, nomor IMEI ponsel, dan data lainnya tergantung permintaan dari server virus tersebut.

Virus 'MSO.PJApps' juga diketahui mendompleng salah satu aplikasi ternama di China. Sayangnya, melalui keterangan yang diterima detikINET, Senin (3/1/2011), NetQin Mobile tidak membeberkan nama aplikasi tersebut.

Baik Geinimi atau pun MSO.PJApps sama-sama merepotkan. Untuk menghindari kedua program jahat tersebut pengguna dituntut agar lebih waspada ketika mendunduh aplikasi misalnya, hanya men-download dari vendor ternama, lalu lebih teliti memberikan akses pada aplikasi tersebut.

Sumber: detinet.com

No comments:

Post a Comment